escape

June 3, 2011

Kutipan: “Burung Bersayap Sebelah”

Filed under: Anyone Conversations, Words That Inspiring Me... — Tags: — dewa landung @ 7:08 AM

Perhatikan atasan, jarang ada yang tidak pernah marah, terutama karena kemarahan kerap membuat organisasi teratur. Disamping itu, seperempat gaji atasan sesungguhnya biaya marah-marah. Semacam ongkos ke dokter bila nanti stroke.

Kendati demikian, kemarahan bisa dikelola, terutama bila manusia menemukan kebahagiaan dalam tidak menyakiti sekaligus banyak menyayangi. Perhatikan argumen seorang sahabat: when anger disappear enemies disappear. Ketika kemarahan menghilang, musuh juga menghilang.

Ada yang mencoba menghilangkan kemarahan dengan menendangnya, namun di jalan ini kemarahan tidak ditendang. Sejujurnya kemarahan adalah suara dari dalam. Asal diawasi, ia juga membimbing.

Perhatikan orang atau situasi yang menimbulkan kemarahan. Kenali polanya, catat kecenderungannya. Setelah itu terkuak rahasianya, kemarahan sejenis energi. Serupa api asal digunakan di waktu, tempat dan tujuan yang tepat, ia membantu kita memasak.

Bawahan yang hormat, tetangga tidak sembarangan, anak-anak penurut, itulah sebagian hasil kemarahan yang terkelola. Ada mengerti kemarahan lebih dalam lagi. Seorang guru meditasi berpesan: The best spiritual friend is the one who attacks your hidden faults. Sahabat pertumbuhan yang sesungguhnya adalah mereka yang menyerang kekurangan-kekurangan kita.

Terutama karena mereka membuat kita sabar dan bijaksana. Demikian baiknya, bahkan ia rela masuk neraka. Bila begini memandangnya, bisa dipahami bila ada guru yang menyarankan untuk mencintai orang yang menyakiti.

Perlu dipahami, orang menyakiti sesungguhnya sedang menderita. Memarahinya hanya akan memperpanjang penderitaannya. Bila judulnya adalah “orang menderita” bukan “orang jahat”, maka energi yang muncul bukannya marah melainkan kesediaan untuk menyayangi. Inilah yang dilakukan para bijaksana sehingga bisa senyum-senyum bahkan ketika disakiti.

Gede Prama

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: