escape

February 28, 2014

Belahan Jiwa – Gede Prama

Filed under: Uncategorized — Tags: , , , , — dewa landung @ 7:54 AM

Ia bisa hadir dalam bentuk pelayanan, ia juga bisa hadir dalam bentuk luka jiwa yang mendalam.

Banyak pria yang mengungkapkan cintanya pada istri dengan memberi permata. Ia wakil dari cinta yang abadi. Tapi ada permata yang lebih menyelamatkan, ia adalah permata pengertian. Pengertian mendalam tentang cinta. Ia yang sudah mengerti cinta melalui pelaksanaan mendalam selama bertahun-tahun mengerti, cinta tidak pernah di luar. Cinta sesungguhnya ada di dalam. Bila cinta di dalam sudah tumbuh dan mekar, secara alamiah akan membuat seseorang dicintai. Ia sealami air yang basah, gula yang manis.

 

Dalam cahaya pengertian seperti ini, belahan jiwa bukanlah seseorang yang demikian penurutnya hingga mengikuti semua keinginan Anda. Belahan jiwa adalah seseorang yang membimbing Anda menemukan cinta sejati di dalam. Ia bisa hadir dalam bentuk pelayanan, ia juga bisa hadir dalam bentuk luka jiwa yang mendalam. Anda dilukai, dikhianati, dicaci oleh belahan jiwa. Tapi bukan sembarang luka, melainkan luka yang membalikkan arah perjalanan. Dari mencari cinta di luar menuju menemukan permata cinta di dalam.

 

Oleh permata cinta di dalam ini, kemudian seseorang dibimbing semakin dalam dan semakin dalam lagi. Puncaknya ketemu tatkala seseorang bisa mengerti melalui pengalaman, jiwa tidak pernah terbelah. Sejak awal jiwa itu utuh, komplit, sempurna. Sebagai hasilnya, seseorang tidak saja berhenti mengejar cinta di luar, ia juga bercahaya menerangi kegelapan, termasuk menerangi ia yang pernah melukai.Seorang sahabat di Barat yang sudah sampai di sini menulis: “I’ve seen your ugly parts and I stay to illuminate your darkness“. Sisi gelap pasangannya memang sudah terlihat, tapi ia bertahan dalam pernikahan untuk menerangi kegelapan.

-Gede Prama-

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: