escape

January 29, 2011

Meditasi Untuk Remaja

Filed under: Anyone Conversations, LEARN — Tags: , — dewa landung @ 4:22 AM

Jika pengelompokan remaja dan orang dewasa dilakukan berdasarkan usia (berapa lama dia sudah hidup), maka remaja sebenarnya memiliki masalah yang sama dengan orang dewasa, objek permasalahan itu yg sedikit membedakannya. Beberapa menyarankan untuk mulai melakukan meditasi. Namun terkadang meditasi diidentikkan dengan duduk diam, tarik ulur nafas seperti layangan, dan kuat-kuatan duduk sehingga meditasi menjadi aktivitas yg membosankan bagi remaja.

Dalam blognya, Gede Prama berbagi tulisan tentang aktivitas meditasi yang telah beliau lakukan bersama 80 orang remaja di Bali (sayang sekali kenapa hanya di Bali). Artikel yang sangat menarik dan patut dibaca tidak hanya oleh remaja namun juga orang dewasa (dari segi usia). Luangkan waktu anda sejenak untuk membaca artikel ini di gedeprama.blogdetik.com

Happy reading, semoga bermanfaat

Advertisements

Mengendalikan Kemarahan Saat Dimarah

Filed under: Anyone Conversations, LEARN — Tags: , — dewa landung @ 4:09 AM

Juniati, sebagaiamana diuraikan dalam ringkasan meditasi ini, kemarahan jangan dikendalikan apa lagi diperangi. itu hanya akan menciptakan ketegangan baru di dalam. akar dr kemarahan krn kita di dalam serupa “jerami terbakar” (pikiran negatif, mudah tersinggung, sensitif berlebihan, tidak bisa menahan diri dll). dibandingkan meyalurkannya ke orang lain, lebih baik menyirami jerami di dalam yg terbakar dg cara seperti ini:

1. kemarahan adalah salah satu energi di dalam, tdk bisa dibuang sepenuhnya. cuman, agar tdk destruktif anda perlu mengimbanginya dg energi lainnya yakni kesadaran. disamping kesadaran, energi lain yg bisa jadi pengimbang adalah kesabaran
2. mengganti judul orang yg membuat kita marah dari ‘orang jahat’ menjadi orang ‘menderita’. sebab siapa saja yg sedang marah sesungguhnya sedang menderita. bila begitu cara memandangnya, nafsu memarahi hilang diganti dengan energi kasih sayang
3. dari segi spiritual, orang marah adalah guru sesungguhnya. seperti amplas yg menghaluskan kayu yg mau jadi patung, seperti itulah guna mereka di jalan spiritual. bila begini cara memandangnya, kita berterimakasih (tidak jadi marah) pada orang2 yg memaki. :) Tks

sumber: comment Gede Prama

December 13, 2010

Ketika Perempuan Diam, Bacalah Keinginannya

Filed under: LEARN — dewa landung @ 12:34 AM

kompas.com

Minggu, 12 Desember 2010 | 21:27 WIB

Oleh Hermawan Kartajaya (Founder & CEO, MarkPlus, Inc) Bersama Putu Ikawaisa Mahatrisni (Senior Research Executive, MarkPlus Insight) KOMPAS.com –

Pernahkah anda sadari berapa kali saat anda bertanya pada teman perempuan anda mengenai keadaan mereka, saat muka mereka sedang sedih atau tidak enak namun jawaban yang anda peroleh adalah ‘ngga apa-apa’ atau ‘baik-baik saja’? Padahal saat itu jelas-jelas anda melihatnya bermuka sedih atau masam.

Seringkali bagi pria, hal ini dilewatkan hanya dengan reaksi ‘oh, Ok kalau begitu’ dan berlalu begitu saja. Selanjutnya apakah kemudian teman perempuan anda mendiamkan anda untuk waktu yang lama dan bahkan yang lebih ekstrim lagi menjadi luar biasa marah karena menganggap anda tidak perhatian? Saya yakin jawabannya pasti seringkali hal-hal ini anda alami, terutama bagi pria. (more…)

September 28, 2010

Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya – Bebek atau Ayam

Cerita ini saya kutip dari salah satu buku koleksi saya “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya”  yang ditulis oleh seorang biksu bernama Ajahn Brahm dalam tradisi petapa hutan Buddhisme Therawada. Enjoy:


Berikut ini adalah cerita kegemaran guru saya, Ajahn Chah dari Thailand timur laut.

Sepasang pengantin baru tengah berjalan bergandengan tangan di sebuah hutan pada suatu malam musim panas yang indah, seusai makan malam. Mereka sedang menikmati kebersamaan yang menakjubkan tatkala mendengar suara di kejauhan, ”Kuek! Kuek!”

”Dengar”, kata si istri, ”Itu pasti suara ayam.”

“Bukan, bukan. Itu suara bebek,” kata si suami.

“Nggak, aku yakin itu ayam”, si istri bersikeras.

“Mustahil. Suara ayam itu ‘kukuruyuuukk!’, bebek itu ‘kuek! Kuek!’ Itu bebek, Sayang”, kata si suami dengan disertai gejala-gejala awal kejengkelan.

“Kuek! Kuek!” terdengar lagi.

“Nah, tuh! Itu suara bebek”, kata si suami.

“Bukan, Sayang…Itu ayam! Aku yakin betul!” tandas si istri, sembari menghentakkan kaki.

“Dengar ya! Itu a…..da….lah… be…bek, B-E-B-E-K. Bebek! Tahu?!” si suami berkata dengan gusar.

“Tetapi itu ayam!” masih saja si istri bersikeras.

“Itu jelas-jelas bue…bek! Kamu ini… kamu ini…!”

Terdengar lagi suara, ”Kuek! Kuek!” sebelum si suami mengatakan sesuatu yang sebaiknya tak dikatakannya.

Si istri sudah hampir menangis, ”Tetapi itu ayam….”

Si suami melihat air mata yang mengambang di pelupuk mata istrinya, dan akhirnya, teringat kenapa dia menikahinya. Wajahnya melembut dan katanya dengan mesra, “Maafkan aku, Sayang. Kurasa kamu benar. Itu memang suara ayam kok.”

”Terima kasih, Sayang”, kata si istri sambil menggenggam tangan suaminya.

”Kuek! Kuek!” terdengar lagi suara di hutan, mengiringi mereka bersama dalam cinta.

Maksud dari cerita bahwa si suami akhirnya sadar adalah: siapa sih yang peduli itu ayam atau bebek? Yang lebih penting adalah keharmonisan mereka, yang membuat mereka dapat menikmati kebersamaan pada malam yang indah itu. Berapa banyak pernikahan yang hancur hanya gara-gara persoalan sepele? Berapa banyak perceraian terjadi karena hal-hal ”ayam atau bebek”?

Ketika kita memahami cerita tersebut, kita akan ingat apa yang menjadi prioritas kita. Pernikahan jauh lebih penting ketimbang mencari siapa yang benar tentang apakah itu ayam atau bebek. Lagi pula, betapa sering kita merasa yakin, sangat mantap, mutlak, bahwa kita benar, namun belakangan ternyata kita salah?

Lho siapa tahu? Mungkin saja itu adalah ayam yang direkayasa genetik sehingga bersuara seperti bebek?

(Demi menjunjung kesetaraan antarjenis dan menjaga kedamaian hidup sebagai biksu, setiap kali saya menceritakan kisah ini, saya selalu mengubah siapa yang bilang ayam dan siapa yang bilang bebek)

-Ajahn Brahm-

January 31, 2010

Asuransi dan Sahabat Dekatnya Asumsi

Filed under: LEARN — Tags: , — dewa landung @ 4:00 AM

Baru kali ini saya mengamati financial report suatu perusahaan asuransi (selanjutnya disebut Asuransi), dan GILA!! Kalau saja bukan karena tugas, saya tidak akan berani memberikan pendapat yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk jenis perusahaan yang satu ini.

Saya terkejut melihat perlakuan-perlakuan yang terdapat di dalamnya. Yang menakutkan adalah perusahaan asuransi mengakui (more…)

November 14, 2009

The follower

Filed under: Kritik, LEARN — Tags: , , — dewa landung @ 4:02 AM

Lebih baik bicara tapi diketawain daripada nggak bicara tapi bisanya cuma ketawa-ketawa

Seringkali kita terjebak dalam situasi dimana seseorang meminta sekelompok orang untuk berpendapat namun tidak ada satupun yang berani bicara. Tapi saat Anda memberanikan diri melontarkan suatu statement orang-orang sekitar Anda akan menertawai Anda. Atau situasi dimana seseorang melontarkan pertanyaan tapi tidak ada yang menjawab, dan ketika Anda mengemukakan jawaban tiba-tiba saja semua orang menjadi sangat cerdas & pintar seolah-olah mendapat suntikan multi-vitamin otak (more…)

October 28, 2009

Belajar Bahasa Inggris

Filed under: Anyone Conversations, LEARN — Tags: — dewa landung @ 5:23 AM

Setyo:

-Bhs Inggris mmg bhs intrnsional,tp sy hdp di indonesia&bsr di jwa,mk sy hrs b’bhs indonesia&jwa (Ramon YTungka)- salut sm artis ini!

Kusuma:

eh, mmg bhs jawa Top dah! Tp kalo bhs jawaMu ak ga sebrp ngerti,mas..
Tapi klo diajak ngmg bule jgn pake bhs jawa lho!! 😉

Gendeng:

artis PUTUS ASA!!!!

Setyo:

He3 komen Gendeng gak nyambung,btw dia mantanny @#$^^lho. (more…)

Tingkah Polah Si Single di Facebook

Filed under: LEARN, Lucu=culu-Haha — Tags: , , , — dewa landung @ 1:48 AM

Sering menulis kata-kata bijak atau kata mutiara di wall

Berdasarkan analisa seorang pengamat facebook Prof Kesuma Wardhana (bukan nama sebenarnya), orang-orang dengan status single punya kesamaan, mereka biasanya menulis kata-kata bijak atau kata mutiara di wall-nya. Beliau menemukan bahwa  4 (empat) dari  4 (empat) orang temannya (berarti semuanya) yang single suka menulis kata2 bijak, puisi, kutipan ayat, bahkan terkadang menggunakan bahasa asing agar terlihat lebih puitis. Hal ini sangat wajar, dalam kondisi krisis kasih sayang  seorang single bisa (more…)

October 26, 2009

Rute Damri – Bandara Soekarno Hatta

Filed under: LEARN — Tags: , , — dewa landung @ 3:57 PM

Dibawah adalah Rute Damri/ tempat dimana Anda bisa menemukan bus Damri menuju ke Bandara Soekarno Hatta ataupun dari Bandara. baca juga “terminal keberangkatan Bandara Soekarno Hatta”

Damri 2

October 25, 2009

Angka Hidup 1

Filed under: LEARN, Self Conversations — Tags: — dewa landung @ 3:08 PM

Jika dijumlahkan tanggal bulan dan tahun lahir saya, bahkan jika jam dan menitnya (menurut catatan rumah sakit) juga di jumlah  maka jumlahnya 1 (satu). Ternyata angka 1 (satu) memiliki arti sendiri bagi numerologi. Hmmmm…beberapa baik – banyak juga yang buruk. Bagi yang memiliki angka yang sama, selamat menikmati pemaparan berikut:

Misi hidupnya adalah untuk bisa selalu independen. Ada dua bagian dalam proses mencapai hal ini: pertama, Anda harus belajar untuk berdiri di atas kedua kaki dan tidak tergantung pada orang lain. Kemudian setelah Anda benar-benar bebas dan independen, belajarlah untuk menjadi pemimpin. Banyak jenderal, pemimpin perusahaan, dan politikus mempunyai angka “Garis Hidup” 1.

Orang-orang yang mempunyai angka garis hidup satu ini selalu mempunyai potensi yang hebat untuk menjadi pemimpin, tapi mereka bisa gagal bila menjadi pengikut. Banyak dari mereka yang menghabiskan sebagian besar berusaha melepaskan ketergantungan mereka pada orang lain, tapi ini justru menyisakan sedikit waktu bagi mereka untuk memperoleh kesenangan yang didapat dari keindependenan.

Orang dengan garis hidup 1 harus keluar dari lingkungan yang membuat mereka mudah untuk tergantung, dan sulit untuk independen. Mereka yang mempunyai angka garis hidup 1 penuh dengan inspirasi kreatif, dan memiliki antusiasme dan dorongan untuk mencapai banyak hal. Semangat dan potensi tersebut datang dari kedalaman kekuatan yang dimiliki. Baik fisik maupun karakter. Dengan kekuatan ini, muncul kegigihan dan kemampuan untuk memimpin. Sebagai pemimpin alami, Anda mempunyai pengaruh untuk mengambil alih tiap situasi. Terlalu percaya diri dan tidak sabaran. Sangat orisinil, Anda berbakat sebagai seorang penemu atau inovator. Dalam tiap pekerjaan yang Anda pilih, sikap independen Anda akan terlihat. Anda memiliki keinginan-keinginan pribadi yang sangat kuat, dan Anda selalu merasa harus mengikuti keyakinan Anda sendiri.

Jika seseorang dengan angka garis hidup 1 ini belum berevolusi dengan baik, dan menunjukkan sisi negatifnya, justru yang tampak adalah sisi karakternya yang tergantung pada orang. Jika berada pada titik terburuknya, energi angka 1 ini bisa membuatnya menjadi egois.

Older Posts »

Create a free website or blog at WordPress.com.